109 Peserta Bersaing Rebutan Gelar Pramuka Garuda

109 Peserta Bersaing Rebutan Gelar Pramuka Garuda

109 Peserta Bersaing Rebutan Gelar Pramuka Garuda

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Whe Wahyudin, mengatakan,

Pramuka Garuda adalah peserta didik yang telah menyelesaikan syarat kecakapan umum semua tingkatan. Selain itu, anggota Pramuka Garuda juga memiliki kecakapan khusus serta menjunjung tinggi kode kehormatan serta menjadi teladan bagi anggota lain.

“Dari semua rangkaian penilaian, nantinya akan disaring 30 peserta dari seluruh golongan. Diperkirakan untuk siaga 17 peserta, penggalang 10 peserta dan 3 peserta dari penegak,” ungkapnya. Tim penilai Pramuka Garuda ini, lanjut dia, terdiri dari pembina, orang tua, tokoh masyarakat dan kwartir ranting.

Kwartir Cabang dalam hal ini sebagai monitoring dan mempunyai kewenangan memberikan legalitas

. Adapun mengenai materi untuk menjadi anggota Pramuka Garuda, mereka akan diuji dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang keagamaan, keterampilan dan ketangkasan, bidang teknologi serta bidang seni dan bakat.

“Anggota Pramuka yang sudah punya kualifikasi itu diharapkan mampu berbenah diri

dalam upaya pembentukan karakter,” pintanya. Menurut dia, semua peserta Pramuka layak menjadi Pramuka Garuda dan semua peserta memiliki kemampuan yang cukup luar biasa. “Tetapi tetap, kami harus memilih yang terbaik dari sekian yang baik ini. Yang pasti ada yang lolos dan ada yang tidak,” pungkasnya.

 

Baca Juga :