Apa itu desain

Apa itu desain

Apa itu desain

Desain telah didefinisikan sebagai suatu multistep process yang merepresentasikan struktur data, struktur program, karakteristik interface, dan procedural detail yang berasal dari requirement informasi.

Data Design
Desain data merupakan hal yang pertama (dan yang terpenting) dari empat kegiatan desain yang terjadi selama software engineering. Dampak dari struktur data pada struktur program procedural kasus desain data memiliki pengarauh pada kualitas software.

Proses desain data
Kegiatan utama dari desain data ialah untuk memilih representasi secara logic dari objek data (data struktur) yang diidetifikasi selama definisi requirement dan fase spesifikasi.
Proses yang dipilih dapat melibatkan analisa algoritma dari struktur alternatif untuk menentukan desain yang paling efisien atau hanya melibatkan penggunaan sekumpulan modul (package) yang memberikan operasi sesuai dengan yang diinginkan terhadap representasi dari beberapa objek.

Realsi penting selama kegiatan desain ialah mengidentifikasi modul program yang harus dioperasikan secara langsung logic struktur data.

Prinsip untuk spesifikasi data:
1. Menerapkan prinsip analisa sistematis pada fungsi dan sifat harus diterapkan data.
2. Semua struktur data dan operasi-operasi yang akan dijalankan masing-masing harus diidentifikasi.
3. Sebuah data dictionary harus dibangun dan digunakan untuk mendefinisikan data dan desain program.
4. Keputusan low-level data design harus dibedakan sampai dengan akhir proses desain.
5. Representasi struktur data harus diketahui hanya oleh modul yang menggunakan secara langsung data yang terkandung dalam struktur.
6. Sebuah library struktur data yang berguna dan opeerasi yang dapat ditereapkan pada struktur data harus dikembangkan.
7. Sebuah desain software dan bahasa pemrograman harus mendukung spesifikasi dan realisasi dari tipe data abstrak.

Architectural Design

Tujuan utama dari desain arsitektur ialah untuk mengembangkan sebuah struktur modular program dan merepresentasikan hubungan control antar modul.

Contributors

Desain arsitektur (dan desain software biasanya) memiliki origin pada awal konsep desain yang menekan modularity, top-down desain, dan pemrograman terstruktur.

Area of Application
Tiap design method software memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu factor penting dalam design method ialah breadth of application yang dapat diterapkan. Karena semua software dapat direpresentasikan oleh diagram data flow, sebuah design method yang menggunakan diagram dapat secara teori diterapkan di semua software development. Sebuah data flow yang berorientasi pada desain biasanya berguna saat informasi diproses secara sekuensial dan adanya hirarki struktur data yang tidak formal,conothnya mikroprosesor kontrol.

The Architectural Design Process

Perubahan dari information flow ke structure diselesaikan dengan lima tahap proses:
1. Tipe infromasi dibangun
2. Flow boundaries diindikasikan
3. DFD dipetakan kedalam struktur program
4. Hirarki control didefinisikan oleh factoring
5. Resultant structure didefinisikan menggunakan measurees dan heuristics.