Cara Merawat Rambut Kucing untuk Show

Cara Merawat Rambut Kucing untuk Show

Cara Merawat Rambut Kucing untuk Show

Seperti yang saya bicarakan di halaman sebelumnya untuk sukses dan agar kucing kita mendapat penghargaan dari juri dalam suatu show hanya 30 persen yang dapat kita olah dengan kemampuan kita, yang 70 persen memang sudah bawaan dari kucingnya sendiri. hal yang terpenting dalam memampilkan kucing untuk show adalah keindahan rambut kucing kita. Terutama dalam show CFA , penghargaan terhadap keindahan dan perawatan rambut kucing sangat tinggi sekali.

di halaman ini saya akan banyak membahas cara merawat rambut kucing berdasarkan pengalaman saya mempersiapkan kucing berambut panjang/ long Hair ataupun berambut pendek short Hair untuk mengikuti  cat show,dengan pengetahuan saya yang terbatas,  Tentunya banyak breeder- breeder lain yang mempunyai kemampuan lebih dalam merawat rambut kucing.

Hal yang saya akan bahas dalam halaman ini adalah :

– Bagaimana memperbanyak dan membuat rambut  kucing anda panjang dan lebat.
– Menghilangkan stain atau warna kekuningan/kecoklatan pada rambut kucing yang berwarna putih atau terang.
– Merawat rambut kucing secara umum.

Bagaimana memperbanyak dan membuat rambut  kucing anda panjang dan lebat.

Saya sering mendapat pertanyaan , ” Pak kenapa rambut kucing saya rontok dan tidak bisa panjang?”
Hal pertama yang sering saya tanyakan balik adalah, apakah pakai ac ruangan kucingnya ?

Di daerah tropis seperti kota Jakarta, surabaya, medan dll pemakaian AC mutlak diperlukan , bahkan di Bandung pun sekarang AC di butuhkan karena Humidity/ kelembaban yang tinggi, tanpa ac akan sulit sekali membuat rambut kucing kita jadi panjang dan lebat.

Jadi hal2 yang diperlukan agar kucing kita mempunyai bulu panjang dan lebat ada beberapa faktor :

– Lingkungan tempat tinggal .
untuk kucing berambut panjang temperatur tempat tinggal harus berkisar 18 -23  derajat celcius, kelembaban udara harus rendah kalau bisa dibawah 50 persen, untuk kucing berambut pendek sekitar 23 – 27 derajat celcius, tetapi kelembaban udara harus rendah juga.

– Genetik rambut.
kepanjangan dan kelebatan bulu juga di pengaruhi oleh genetik, walaupun sesama kucing Long hair panjang rambut dan kelebatan akan berbeda di setiap individu kucing, tergantung genetik rambut induknya, oleh karena itu penting untuk mengetahui kepanjangan  atau kelebatan rambut induk, untuk mendapatkan anakan yang berambut panjang dan lebat.
Caranya dengan melihat foto indukan semasa mereka dalam keadaan show conditions. karena breeder terutama di luar negeri umumnya telah mencukur kucing indukannya pada saat kucing telah digunakan untuk ternak. Jadi Jangan berharap banyak bila memang genetik induknya mempunyai rambut yang kurang panjang .

– Vitamin untuk rambut.
Pemberian vitamin E di perlukan untuk keindahan, pertumbuhan rambut kucing dan biasanya dilkukan oleh dr hewan dengan suntikan selain itu penggunaan vitamin penumbuh rambut sangat diperlukan, biasanya kami menggunakan Kitty bloom vm 900 +  yang di campur dengan makanan basah.
untuk vitamin rambut sehari-hari.

Pemakaian gel nutrisi yang banyak di jual di pet shop sangat tidak dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari karena akan membuat air mata kucing berwarna coklat dan bila kurang perawatan akan menyebabkan stain/kekuningan disekitar mata kucing, pemakaian gel nutrisi biasanya untuk penambah nutrisi bagi kucing sakit atau dalam perjalanan jauh.
Cara pembuatan makanan basah yang baik dan bervitamin untuk kucing anda lihat halaman 24.
Catatan : Pemakaian Kitty bloom dilakukan maximum 5 hari pemakaian dan bila diperlukan, sedangkan untuk xtra bloom dapat diberikan setiap hari

– Memandikan kucing secara rutin.
Memandikan kucing sebaiknya dilakukan bila di perlukan, biasanya dilakukan bila kucing kotor atau rambutnya terasa berminyak, untuk kami tidak ada ketentuan waktu memandikan bisa 1 – 3 minggu sekali tergantung keadaan kucing. yang terpenting adalah menghilangkan minyak yang ada pada rambut atau kulit, untuk kucing dewasa jantan peningkatan pengeluaran minyak pada buntut sering terjadi dan bila kita tidak cepat merawatnya bulu rambut di buntut akan menipis sehingga terlihat buntut menjadi kecil bahkan kadang banyak rontok dan berjamur. cara untuk mengurangi minyak  pada rambut kucing, kami biasanya menggunakan pembersih lemak, seperti goop atau cairan pencuci piring seperti mama lemon, saat ini kami selalu menggunakan mama lemon untuk menghilangkan lemak di buntut kucing karena lebih murah, dan hasilnya cukup memuaskan dan sama dengan menggunakan goop, setelah menyabunkan kucing dengan mama lemon, baru lanjutannya kami mandikan dengan shampo dan conditioner.
Pengeringan kucing sangat berpengaruh untuk mencegah timbulnya jamur setelah memandikan kucing, rambut harus benar2 kering, karena jumlah kucing di tempat kami yang banyak kami menggunakan homemade Pet  drier khusus. Jangan menyisir kucing dalam keadaan basah, sebaiknya penyisiran dilakukan pada saat rambut diatas 90 persen kering, pada saat selesai pengering taburkan bedak bayi keseluruh rambut untuk menghilangkan air yang tertinggal di kulit.

Penggunaan sisir.

Untuk penyisiran kucing , gunakan sisir yang bergigi jarang, tujuan penyisiran adalah untuk mengangkat bulu2 mati, penggunaan sisir yang sangat kerap akan mengakibatkan banyak bulu yang tercabut, dan dengan pertumbuhan rambut yang lebih lambat , bulu akan terlihat tipis dan susah panjang.