Jerman Putuskan Tak Melarang Huawei Dari Pembangunan Jaringan 5G

Jerman Putuskan Tak Melarang Huawei Dari Pembangunan Jaringan 5G

Jerman Putuskan Tak Melarang Huawei Dari Pembangunan Jaringan 5G

Jerman tidak ingin melarang pembuat peralatan telekomunikasi asal China

, Huawei Technologies dari proyek pembangunan 5G di negara itu.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier menegaskan hal tersebut pada Kamis (7/3/2019), seperti diberitakan oleh Reuters. Namun ia menegaskan bahwa Berlin akan memperketat kriteria keamanan untuk semua vendor sebagai gantinya.

Dalam acara bincang-bincang televisi ZDF, Altmaier mengatakan jika pemerintah berencana untuk melarang Huawei dari lelang 5G mendatang karena kekhawatiran atas hubungan pemimpin pasar global dengan pemerintah Cina, ia menegaskan: “Tidak, kami tidak akan ingin mengecualikan perusahaan mana pun.”

Tetapi pemerintah akan mengubah undang-undang untuk memastikan bahwa semua komponen

yang digunakan dalam jaringan 5G akan aman, sekaligus memastikan tidak akan ada pelanggaran terhadap aturan perlindungan data, tambahnya.

Altmaier juga mengatakan, bahwa pemerintah tidak akan menggunakan kekuatan veto yang meningkat karena intervensi pihak asing dalam kasus ini, sebab pembangunan jaringan 5G bukanlah masalah merger atau akuisisi.

Meski tidak ikut-ikutan memblokade Huawei, namun Jerman sebelumnya

telah menetapkan kriteria yang lebih keras untuk vendor yang memasok peralatan jaringan telekomunikasi. Terdapat pertimbangan jika memilih Huawei karena perlakuan khusus. Namun aturan yang sama harus berlaku untuk semua vendor.

Pengumuman ini menyusul berbulan-bulan perdebatan, tentang apakah Jerman akan berpihak pada Amerika Serikat dan beberapa sekutu dalam melarang Huawei dari jaringan 5G karena masalah keamanan dan spionase.

Kepastian tak adanya pelarangan Huawei dalam membangun jaringan 5G di Jerman, sebelumnya secara implisit juga disuarakan oleh Angela Merkel dalam kunjungannya ke Jepang (5/2/2019).

 

Sumber :

https://dolanyok.com/