Pengertian Budaya Dasar Indonesia

Pengertian Budaya Dasar Indonesia

Pengertian Budaya Dasar Indonesia

Setiap negara yang telah menjadi satu kesatuan memiliki sebuah kebudayaan dasar yang beragam yang sudah ada sejak nenek moyang mereka yang terus berkembang. Budaya itu sendiri memiliki pengertiannya masing – masing yaitu suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang yang akan diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya sehingga budaya tersebut dapat berkembang menjadi lebih inovatif dan budaya menjadi patokan dari sistem agama dan politik, adat istiadat bahasa dan karya seni lainnya.

Dari pengertian budaya tersebut kita dapat mengacu pada maksud dari pengertian budaya dasar dari Indonesia itu sendiri. Pengertian budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan local, maupun kebudayaan asal asing telah menjadi satu kesatuan yang membentuk menjadi aspek – aspek kehidupan dalam bermasyarakat dan memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda.

Pada dasarnya ilmu budaya mengajarkan kepada kita tentang dasar dari sebuah kehidupan dan menjadi pedoman untuk kita dalam bermasyarakat terhadap lingkungan disekitar kita. Pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran dan kepekaan dalam mengkaji masalah – masalah manusia dalam kehidupan di lingkungan.

Macam – Macam Budaya Dasar Indonesia

Di Indonesia yang biasa disebut negara nan sangat kaya akan kebudayaan ini, yang setiap pulau memiliki beberapa provinsi yang disitu memiliki kebudayaan yang cukup beragam. Kebudayaan provinsi tersebut juga memiliki suku bangsa yang mempunyai bahasa, rumah adat, tarian, lagu daerah, baju adat, upacara adat, makanan tradisional, dan masih banyak lagi yang bisa di tunjukan kepada masyarakat luas.

Macam-macam Budaya di Pulau Sumatera

Pulau nan mendapat julukan Suwarnadwipa (pulau emas) atau Suwarnabhumi (tanah emas), keunikan macam-macam budayanya dapat kita lihat di bawah ini.

Rumah Adat

  1. Aceh: Rumoh Aceh
  2. Sumatera Utara: Jabo Balon
  3. Sumatera Barat: Rumah Gadang
  4. Sumatera Selatan: Rumah Limas
  5. Riau: Rumah Adat Melayu Selaso Jatuh Kembar, Lontiok
  6. Jambi: Rumah Panggung
  7. Lampung: Nuwo Sesaat
  8. Bengkulu: Bubungan Limas

Tarian

  1. Aceh: Tari Bines, Didong, Tari Guel, Tari Mesekat, Tari Rateb Meuseukat, Tari Saman, Tari Seudati, Tari Laweut, Tari Likok Pulo, Tari Pho, Tari Rapa’i Geleng, Tari Ula-ula Lembing, dan Tari Pukat.
  1. Sumatera Utara: Tortor, Tari Sapu Tangan, Tari Adok, Tari Anak, Tari Pahlawan, Tari Lagu Duo, Tari Perak, dan Famaena.
  2. Sumatera Barat: Tari Piring, Tari Payung, Tari Indang, Tari Pasambahan, dan Tari Lilin.
  3. Riau: Zapin, Rentak Bulian dan Serampang Dua Belas.
  1. Kepulauan Riau: Madah Gurindam’
  1. Jambi: Sekapur Sirih, Selampit Delapan, dan Rangguk.
  2. Bengkulu: Tari Andun, Bidadei Teminang, dan Tari Kejei.
  3. Sumatera Selatan: Gending Sriwijaya, Bekhusek, Tanggai
  1. Kepulauan Bangka Belitung: Tari Campak.
  1. Lampung: Bandana, Sembah, Tayuhan, Sigegh, dan Labu Kayu.

Lagu

  1. Aceh: B ungong Jeumpa dan Lembah Alas.
  1. Sumatera Utara: Piso Surit, Anju Ahu, Bungo Bangso, Cikala Le Pongpong, Bungo Bangso, Butet, Dago Inang Sarge, Lisoi, Madekdek Magambiri, Mariam Tomong, Nasonang Dohita Nadua, Rambadia, Sengko-Sengko, Siboga Tacinto, Sinanggar Tulo, Sing Sing So, dan Tapian Nauli.
  2. Riau: Soleram, Kebangkitan Melayu, Tanjung Katung, Bungo Cempako, Lancang kuning, Ayam Putih Pungguk, Makan Sirih, Uyang Bagan Tak Ondak Belaya, Mak Long, Tuanku Tambusai, Pak Ngah Balek, Puteri Tujuh, Dedap Durhaka, dan Kutang Barendo.
  3. Sumatera Barat: Ayam Den Lapeh, Barek Solok, Dayung Palinggam, Kambanglah Bungo, Kampuang Nan Jauh Di Mato, Ka Parak Tingga, Malam Baiko, Kampuang yang Jauh di Mato, Kambanglah Bungo, Indang Sungai Garinggiang, dan Rang Talu.
  4. Sumatera Selatan: Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Gending Sriwijaya, Kabile-bile,dan Tari Tanggai.
  5. Jambi: Batanghari, Soleram, Injit-Injit Semut, Pinang Muda, dan Selendang Mayang.
  6. Bengkulu: Lalan Belak.
  7. Lampung: Lipang Lepangdang.
  8. Macam-macam Budaya di Pulau Jawa dan Bali

 

Sumber  : https://pelajaranips.co.id/