perjuangan tanpa henti

perjuangan tanpa henti

perjuangan tanpa henti

perjuangan tanpa henti

Setiap tantangan dan rintangan yang kita hadapi, menjadi pembelajaran bagi kita untuk bersikap lebih dewasa lagi. Seberat apapun rintangan dan tantangan tersebut, mau tidak mau, siap tidak siap harus kita hadapi dengan hati dan wajah terangkat.

Setiap manusia yang ada di dunia ini tidak pernah lepas dari masalah yang harus mereka hadapi. Terkadang tingkat penerimaan setiap manusia di dunia ini berbeda-beda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Disatu sisi, ada beberapa hal yang orang anggap berat bagi mereka, namun disisi yang lain hal tersebut merupakan persoalan yang mudah bagi individu yang lain. Disinilah dibutuhkan kelapangan hati kita dalam menyiapkan tempat bagi hati kita untuk menyaring dan mengatasi masalah tersebut. Semakin kecil tempat yang kita siapkan untuk masalah tersebut, semakin pahit yang akan kita rasakan.

Sebaliknya bila tempat yang kita siapkan besar dan luas, semakin ringan bagi kita masalah tersebut. Sebagai ilustrasi adalah rasa asin garam yang setiap hari kita rasakan. Bila segenggam garam kita taruh dalam segelas air, maka bila rasakan air dalam gelas tersebut akan terasa sangat asin. Coba kita masukkan segenggam garam tersebut dalam sebaskom air, maka bila kita rasakan air dalam baskom tersebut, terasa tidak terlalu asin. Seperti itulah berat ringan masalah yang kita hadapi. Bila kita terlalu sempit dalam berpikir dan menyaringnya, masalah akan terasa berat bagi kita. Sebaliknya bila kita luas dalam berfikir dan menelaah, maka masalah tersebut akan terasa ringan.

Tidak ada masalah di dunia ini yang tidak dapat diselesaikan dengan baik. Cepat atau lambat terselesaikannya masalah tersebut, semuanya tergantung oleh proses yang kita lakukan untuk menuntaskan masalah tersebut. Hanya dengan kesabaran dan kejernihan berfikir, kita akan mampu menuntaskan masalah tersebut.

Sumber : https://jilbabbayi.co.id/