Perkuat Karakter lewat Tadarus

Perkuat Karakter lewat Tadarus

Perkuat Karakter lewat Tadarus

 Jum’at itu terlihat pemandangan yang tidak biasa di lingkngan sekolah menengah pertama negeri

(SMPN) 25 Kota Bekasi dibandingkan sengan hari-hari jum’at biasanya, seluruh siswa beragama muslim di SMON 25 Kota Bekasi bershalawat hingga tadarus bersama dilapangan sekolah.

Kegiatan pada hari jum’at tersebut lengkap dengan diiringi oleh kelompok hadroh sekolah yang terdiri dari para siswa untuk mengiringi shalawat yang dilantunkan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan  SMPN 25 Kota Bekasi minggu kedua setiap bulannya.

Humas SMPN 25 Kota Bekasi, Mahmudin mengungkapkan,  kegiatan ini diberi nama tadarus jama’iy, dimana kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti poin penting dalam pelaksanaan kurikulum 2013.

Penguatan pendidikan karakter yang menjadi poin penting dalam kurikulum 2013 ini

diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa, salah satunya adalah penguatan karakter religious dalam diri siswa melalui tadarus.

“Pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu penguatan pendidikan karakter yaitu religious, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong. Kegiatan ini murni menampilkan potensi, minat dan bakat siswa terutama dalam peningkatan karakter religious, “ ungkap Mahmudin.

Seorang siswa dalam kegiatan ini nampak memberikan tausiyah keagamaan kepada rekan-rekannya sesame siswa yang juga diikuti oleh dewan guru di sekolah. Dengan lancarnya siswa tersebut  memberikan pencerahan dalam segi keilmuan khususnya keagamaan kepada seluruh rekan dan dewan guru.

Tadarus jama’iy ini dilakukan dalam beberapa rangkaian kegiatan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai,

diantaranya adalah pembacaan shalawat nabi, tadarus Al-Qur’an, dzikir asmaul husna, dzikir maulid nabi, tausiyah oleh siswa serta wejangan yang diberikan oleh kepala sekolah.

Sementara kepala sekolah SMPN 25, Sholeh mengatakan kegiatan ini memiliki sisi lain dalam proses pembelajaran siswa disekolah diantaranya menurutnya adalah untuk mengasah, menampilkan dan membuktikan potensi yang terpendam didalam diri masing-masing siswa.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/