Sesuaikan Jurusan yang Dipilih dengan Kemampuan

Sesuaikan Jurusan yang Dipilih dengan Kemampuan

Sesuaikan Jurusan yang Dipilih dengan Kemampuan

Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Bandung, Yanyan Supriatna R. S.

mengimbau para orangtuaĀ  untuk lebih memperhatikan kemampuan anaknya dalam memilih jurusan saat menuju ke perguruan tinggi. Terlebih lagi, orangtua yang sudah memutuskan sejak awal untuk memasukan anaknya di SMA, maka prioritas di akhir adalah harus melanjutkan ke perguruan tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepsek SMAN 2 Bandung saat disela acara Education Expo, Senin (26/2/2019). “Berbeda anak-anak yang berada di sekolah kejuruan maka orientasinya adalah bekerja atau job market,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sebenarnya sekolah sudah melakukan sosialisasi dengan para orangtua dan siswa secara terpisah. Bahkan, mengenaiĀ  apabila terdapat anak-anak yang tidak lulus ke perguruan tinggi negeri.

“Pihak sekolah mengatakan masih banyak PTS yang berkualitas. Yang terpenting

adalah mereka harus memilih jurusan sesuai dengan kemampuan siswa bukan hanya sekadar minat,” tambahnya.

Sebelumnya, SMAN 2 Kota Bandung sudah melaksanakan tes psikotes di kelas 10 dan 12 untuk menilai kemampuan dan minat anak. Hal ini bermaanfaat apabila dijadikan pertimbangan saat ingin memilih jurusan di Perguruan Tinggi.

“Setiap siswa dan orangtua harus memanfaatkan hasil psikotes y

ang pernah dilakukan oleh sekolah. Nah, biasanya yang gagal masuk SNMPTN itu apabila hasil psikotes tidak dipadukan dengan baik saat mendaftar,” katanya.

Selain itu, pihak sekolah juga menggelar Edu expo dalam rangka mengakomodasi perguruan tinggi yang kerap meminta waktu ke sekolah untuk promosi dan persentasi. Untuk menghemat waktu dan tidak mengganggu proses kegiatan belajar dan mengajar maka pihak sekolah menghimpun dalam satu acara yaitu edu expo.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/