Tugas Matching Color

Tugas Matching Color

Tugas Matching Color

1. Menerima Resep Warna (Color Receipt)

Biasanya pada awal anda masuk kerja, anda akan disodori color receipt. color receitp ini berasal dari order baru, dimana kita harus memulai penyamaan warna dari awal, atau berasal dari order yang sudah ada, berarti kita tinggal mencari databasenya di komputer dan melakukan proses matching color ulang. Color Receipt ini biasanya berisikan rumus-rumus warna yang tinggal anda input ke komputer dan dengan sendirinya mesin pencetak  warna akan mengeluarkan campuran dari warna-warna yang anda input tersebut.

2. Melakukan proses penyamaan warna

Proses penyamaan atau matching color ini dilakukan oleh anda dengan melihat color receipt yang sudah anda terima. Perusahaan sudah menyediakan software khusus dan anda akan ditraning terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Anda hanya tinggal memasukkan angka-angka dan kode-kode yang tertera di color receipt ke dalam software tersebut dan komputer akan melakukan perintah secara langsung terhadap mesin pencetak tinta untuk mengeluarkan formula tinta yang anda input.

3. Melakukan Washing

Setelah tinta dikeluarkan anda membawa sample dari kain aau benang yang akan dicelup untuk kemudian dimasukkan kedalam tabung tinta. Masukkan tabung tinta yang sudah berisi warna dan kain ke mesin washing dan atur suhu sesuai dengan ketentuan yang berlaku (tiap spesifikasi kain memiliki kriteria suhu masing-masing) tunggu sesuai waktu yang ditentukan, biasanya 15 menit. Kemudian buka mesin dan angkat tabung berisi kain yang sudah di washing. keluarkan kainnya dan bisa anda lihat warna yang tadi anda cetak sudah menempel di kain.

4. Melakukan Cleaning

Kain yang baru dikeluarkan biasanya memiliki semacam lendir (sisa kimia dari cat). Sisa kimia dari cat ini dibersihkan dulu dengan menggunakan cairan Natrium Chlorida (NaCl). Lalu dibilas dengan air.

5. Melakukan Stenting

Melakukan proses stenting harus dilakukan dengan hati-hati. Proses stengting ini bahasa simple nya mengistrika gan. tapi karena orang-orang engineer suka sama istilah yang aneh-aneh dipakailah proses stenting ini atau ada juga yang bilang stenter. Caranya yaitu kain dibentangkan di mesin dan kemudian dilakukan proses pemanasan oleh mesin tersebut.

Setelah proses ini selesai maka tinggal disamakan sample dari konsumen dengan hasil matching yang sudah kita buat. Dan proses matching color dianggap selesai.


Baca Artikel Lainnya: